5:45 safety riding di PT.ASMO INDONESIA


Mas Bro dan Sista Sobat bikerssemua…
Keep "SÃFETY RÏDÏNĞ ÏTŮ PÉNTÏNĞ"

Menghapus stigma touring pengendara roda dua yang disebut arogan dalam berkendara, Safety Riding
KITA bermaksud mensosialisasikan keamanan berkendara...

Biasakan membaca broo..... jangan cuma *KATANYA*doang....okeee....serius yeeee...


1. Slalom

latihan safety riding slalom
latihan safety riding slalom
Fungsi dan manfaat dari kita melatih gerakan slalom adalah untuk melatih kemampuan dan menjaga irama keseimbangan tubuh ketika sedang menikung, melakukan manufer mendadak ataupun ketika sedang melalui jalanan berliku. Dalam melakukan gerakan slalom, hal yang terpenting adalah mengontrol gerakan tubuh pengendara sepeda motor. Maksudnya adalah saat sedang menikung atau belok, sepeda motor lebih mengikuti tubuh pengendara setelah stang. Dengan latihan ini diharapkan jika suatu saat harus menghindari kejadian yang diluar dugaan si Rider bisa mengontrol sepeda motornya dengan sempurna. Paham gak brooo....kga yee kalau blom praktek mah....
Yuk masuk DAN  bergabung FSPMI PT.ASMO INDONESIA baru lu bisa masuk jadi anggota [ARC]  apa si ARC ..===>> chek www.asmoriderscommunity.blogspot.com
Dan bonusnya kita bisa mengajar agama bro bareng "MAJELIS TALIM DARUL MU'MININ"....
lanjutt serius......

2. Melalui Jalan Titian

latihan safety riding melewati papan titian
latihan safety riding melewati papan titian
Praktek melalui jalan titian hampir sama dengan melakukan gerakan slalom, yang manfaatnya untuk menjaga keseimbangan tubuh si Rider. Namun… fokus dari latihan melewati titian ini lebih pada melatih keseimbangan tubuh ketika melewati jalanan sempit. Sebagai contoh, kerap kali terlihat kalau para pemotor sering kali melintas di antara sela-sela mobil, dan banyak di antaranya yang menyenggol bodi atau spion mobil. Oleh karena itu, jika para pemotor sudah berlatih melatih melewati jalan titian, gunanya agar mereka tak menyenggol bodi atau spion mobil dan juga menyenggol pengendara sepeda motor lainnya.....
Ngerti lu ya pada kalau putry titian mah....hahahah
Ntar gua ajarin kalau lu bergabung....

Nah sudah mulai jelas apa belum nih sobat Rider… kalau latihannya belum berhasil, lanjutkan lagi latihannya ya… itung-itung olah raga deh… yang penting semangat ya… Lanjut Bro…upzz jangan lupa isi bensin untuk latihannya ....masa latihan kga ada bensinnya hahahahha
Next....


3. Melewati Jalanan Bergelombang

latihan safety riding melewati rintangan bergelombang
latihan safety riding melewati rintangan bergelombang
Seperti halnya dengan latihan slalom dan melewati jalan titian, pelatihan melewati jalanan bergelombang juga berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh ketika melewati jalanan yang tak rata, bergelombang, atau berlubang. Selain menjaga keseimbangan badan, pelatihan ini juga mengedepankan mengenai komposisi penggunaan rem depan dan belakang secara konstan. Para pemotor juga diajarkan untuk mengatur irama kecepatan sepeda motor ketika melakukan pengereman dan juga menjaga keseimbangan saat melewati tipikal jalanan yang rusak ini.
Dddaaaaaannnnn........Pada dasarnya memang jalan berlobang tak senikmat lobang berjalan ...xixixixi

4. Pelatihan Pengereman

latihan safety riding pengereman
latihan safety riding pengereman
Melatih pengereman juga sangat penting dilakukan, komposisi mengerem yang benar idealnya adalah 60:40. Maksudnya adalah penggunaan rem depan sebanyak 60% dan rem belakang 40%. Distribusi pengereman yang benar akan menghindari terjadinya slip atau salah satu roda yang ‘membuang’ ketika sedang mengerem. Komposisi ini juga disesuaikan dengan jalanan yang kita lalui apakah basah atau kering, dan juga bergantung dari kecepatan berapa kita melakukan pengereman.

Latihan-latihan untuk safety riding bisa dilakukan oleh semua pengendara motor di area terbuka yang luas, tanah lapang, atau area parkir. Sementara itu, ada dua hal tambahan yang patut diperhatikan di luar dari materi pengajaran, yaitu pengecekan kondisi sepeda motor dan memerhatikan kondisi tubuh pengendara sepeda motor. Ingettt jangan gegabah yaa....remm broo bukan nikung eehhhhhh

5. Cek Kondisi Sepeda Motor

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi sepeda motor mulai dari rem dan lampu-lampu, termasuk lampu sein, apakah berfungsi dengan baik,  semuanya harus dipastikan. Selain itu, cek juga tekanan angin di kedua ban agar sesuai dengan yang dianjurkan dan kebutuhan. Pergunakan dua buah kaca spion yang asli dan bukan tempelan, karena spion berfungsi untuk melihat dengan jelas posisi kendaraan lainnya yang ada di belakang. Selanjutnya, jangan lupa kelengkapan sepeda motor lainnya, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang bisa menahan kaki saat benturan.
Ini penting beeett kan kawan....

6. Periksa Kondisi Tubuh

Selain melakukan pengecekan kondisi sepeda motor, sebaiknya pastikan kondisi tubuh dalam kondisi yang baik sebelum berkendara. Kondisi tubuh yang prima, sanggup menghindari terjadinya kejadian yang tak diinginkan saat sedang berkendara. Saat kondisi badan sedang tidak sehat, konsentrasi dijalan raya pasti akan sangat berkurang, apalagi kalau anda sedang mengkonsumsi obat yang tidak dianjurkan mengoperasikan kendaraan, sebaiknya patuhi saja demi keselamatan bersama. Soalnya kondisi tubuh yang fit membuat Anda merasa aman dan nyaman ketika sedang berkendara.

Hal terakhir yang perlu dilakukan sebelum berkendara adalah melihat kelengkapan surat-surat wajib bagi pengendara, SIM dan STNK, kalau anda masih dibawah umur dan belum mempunyai SIM sebaiknya urungkan saja niat anda untuk mengendarai kendaraan bermotor, karena keselamatan berkendara tercipta karena kesadaran dan kewaspadaan dalam berendara.

Tagline" Safety Riding itu penting"


Suport by:
PUK SPAMK FSPMI PT.ASMO INDONESIA
MAJELIS TA'LIM DARUL MU'MININ










"SAFETY RIDING ITU PENTING"


Komentar

Postingan populer dari blog ini

H-5 safety riding (Asmo Riders Community) FOR Asmo Indonesia

"Touring dan kongkow bareng"

[PANGGILAN HATI] nurani untuk sesama